Mengenal Karakter Yellowfin Tuna

Mengenal Karakter Yellowfin Tuna

Yellowfin Tuna adalah salah satu spesies Tuna yang lebih besar, mencapai bobot lebih dari 180 kg. Tetapi secara umum lebih kecil dari Tuna Sirip Biru Atlantik dan Pasifik, yang bisa mencapai lebih dari 450 kg dan sedikit lebih kecil dari Bigeye Tuna dan Tuna Sirip Biru selatan.
Sirip punggung dan perut yang panjang berwarna kuning cerah juga menjadi ciri khas Yellowfin Tuna secara umum.

Ciri khas lainnya dari Yellowfin Tuna adalah kedua sirip bisa sangat panjang dalam spesimen dewasa, mencapai hampir melebihi panjang ekor dan terlihat seperti sabit atau pedang. Sirip dada juga lebih panjang daripada Tuna Sirip Biru, tapi tidak sepanjang dari albacore tersebut. Bagian utama adalah biru metalik sangat gelap, berubah menjadi perak di perut, yang memiliki sekitar 20 garis vertikal.

Yellowfin Tuna adalah ikan epipelagic yang menghuni lapisan permukaan campuran dari laut di atas termoklin. Pelacakan sonic telah menemukan bahwa Yellowfin Tuna, Bigeye Tuna tidak seperti Yellowfin Tuna, sebagian besar berkisar di atas 100 m dan menembus termoklin relatif jarang, mereka mampu menyelam sampai kedalaman yang cukup. Menghabiskan 85% dari waktu di kedalaman dangkal dari 75 meter hingga 1000 meter.

Rata-rata umur ikan Yellowfin Tuna adalah 8 tahun.  Yellowfin Tuna termasuk perenang cepat dengan kecepatan mencapai 80 km/jam dan terkuat di antara ikan-ikan yang berangka tulang. Mereka mampu membengkokan siripnya lalu meluruskan tubuhnya untuk berenang cepat. Ikan ini memakan ikan kecil, crustacea, pelagic dan epipelagic molusca.

Penampakan Yellowfin Tuna di bawah laut

Yellowfin Tuna adalah makanan laut populer di seluruh dunia namum termasuk dalam kategori ancaman overfishing. Ikan ini enak untuk dimakan dan merupakan ikan komersial terpenting kedua dari beberapa jenis tuna. Kapasitas maksimum isi perut pada Yellowfin Tuna dapat mencapai 7% dari berat tubuhnya.

Yellowfin Tuna setiap harinya dapat mencerna makanannya 15% dari berat tubuhnya. Yellowfin Tuna yang mendiami daerah pantai biasanya memakan gerombolan ikan hidup (anchovies, sardines). Yellowfin Tuna yang dewasa dapat bersifat kanibal atau memakan sesama jenis ikan.

Ukuran di ketahui dalam literatur berkisar panjang 2,4 meter dan 200 kg untuk beratnya. The International Game Fish Association (IGFA) pernah mempublikasikan rekor untuk spesies ini dengan bobot 176 kg untuk ikan yang ditangkap pada tahun 1977 di dekat San Benedicto Pulau di perairan Pasifik Meksiko.

Pada tahun 2010, sebuah Yellowfin Tuna seberat 184 kg tertangkap di lepas ujung Meksiko Baja Peninsula dengan panjang 2,2 meter dan ketebalan 1,5 meter. Hasil tangkapan masih menunggu verifikasi oleh IGFA. Pada tahun 2012, seorang nelayan di Baja California menangkap Yellowfin Tuna seberat  193 kg.

×
Hai pemancing Nusantara, mari lebih dekat dengan kami. Jika sibuk, kami membutuhkan 1x24 jam untuk membalas pesan Anda.