Keunggulan dan Tips Memakai Nasi Lumat Sebagai Umpan Jitu Mancing Baronang

Keunggulan dan Tips Memakai Nasi Lumat Sebagai Umpan Jitu Mancing Baronang

Memancing ikan Baronang dengan memakai umpan  lumut mempunyai kelebihan intensitas tinngi akan  strike mengenai sasaran  dibandingkan nasi lumat/pelet. Namun beberapa pemancing baronang di beberapa daerah justru lebih menyenangi menggunakan umpan nasi lumat/pelet.

Memakai umpan nasi lumat/pelet mempunyai trik khusus dan yang biasa dilakukan beberapa garonger (julukan bagi pemancing Baronang) yaitu umpan di ulur hingga mencapai dasar kemudian senar sedikit di kendorkan, pelampung yang agak kecil akan berayun di goyang angin, saat berayun kearah senar utama (goyangnya tidak biasa) langsung di gentak. Cara  ini membuahkan hasil maksimal dibandingkan jika umpan nasi lumat/pelet di gantung diatas dasar laut seperti halnya memakai lumut.

Mengapa umpan nasi lumat/pelet paling efektif di ulur hingga dasar laut? Mengapa tidak di angkat sedikit (digantung) seperti halnya memakai umpan lumut? Secara logika, lumut terletak diatas garong jadi pagutan ikan dari sisi samping berputar atau atas akan berdampak ikan terkena mata pancing garong saat digentak.

Jika umpan nasi lumat/pelet  yang umumnya diliput pada mata pancing garong kecil pada posisi diatas dasar laut maka pagutan ikan dari samping tidak efektif mengenai mulut ikan, apalagi jika baronang memagut dari sisi bawah umpan, digentak beberapa kali pasti akan nihil.

Tetapi jika umpan menggeletak di dasar laut mau tidak mau oleh struktur tubuh ikan yang pipih itu akan nungging menekan kebawah alias mulut ikan tepat berada diatas mata pancing garong, maka gentakan sempurna akan menghasilkan strike yang luar biasa sensasinya.

Adapun posisi senar agak dikendorkan yang bertujuan  agar umpan nasi lumat/pelet  tetap berada di dasar laut. Semoga bermanfaat.

No Comments

Post A Comment